Pages

Rabu, 30 Mei 2012

BAB X


MANUSIA DAN DEMOGRAFI

  
 2.1 Latar Belakang Demografi
Kata demografi berasal dari bahasa yunani yang berarti ‘demos’ adalah rakyat atau penduduk dan ‘grafein’ adalah menulis.jadi,demografi adalah tulisa atau karangan mengenai penduduk.istilah ini pertama kali dipakai oleh Achille Guilard dalam dalam karangannya yang berjudul Elements de Statisque Humaine on Demographic Compares pada tahun1885.

2.2 Pengertian Demografi
Berikut beberapa pengertian demografi;
·         Demografi merupakan studi ilmiah tentang kependudukan,utamanya,yang berkaitan dengan jumlah atau size penduduk,struktur serta perkembangannya (kamus united nations multilingual demographic).
·         Demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan,meliputi ukuran,struktur,dan distribusi penduduk,serta bagaimana jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat kelahiran,kematian,migrasi,srta penuaan (hawthorn,1970).

            Demografi adalah ilmu statistik dan matematika yang mempelajari ukuran,komposisi danpersebaran penduduk serta perubahannya pada suatu kurun waktu melalui proses fertilisasi,mortalitas,perkawinan,migrasi,dan perubahan penduduk (Boque:1969).

2.3 Demografi Indonesia
Indonesia memiliki jumlah penduduk sebesar 245 juta jiwa,menjadikan negara ini negara dengan penduduk  terbanyak ke-4 di dunia.

2.4 Deviden Demografi Pacu Pertumbuhan
Indonesia akan memanfaatkan deviden demografi untuk memacu pertumbuhan ekonomi,bila masa transisi demografi  itu lewat maka negara akan kehilangan momentum.

2.5 Kualitas Manusia Kunci Dividen Demografi
Untuk menangkap dividen demografi,penduduk usia produktif jangan dibiarkan hanya bekerja menjadi buruh.indonesia berpeluang menikmati  keuntungan ekonomi dari struktur umur penduduk atau dividen demografi pada tahun 2020-2030.upaya-upaya tersebut,antara lain,dilakukan dengan menyediakan lapangan kerja sesuai dengan tingkat kemampuan masyarakat produktif.

2.6 Kemiskinan (Social Demografi)
Dalam ekonomi kependudukan  dikenal dengan istilah transisi demografi dan dapat dikaitkan dengan fenomena kemiskinan.

3.Kesimpulan
Dari penjelasan dari bab-bab sebelumnya,dapat ditarik kesimpulan bahwa demografi adalah ilmu yang mempelajari dinamika kependudukan manusia.meliputi di dalamnya ukuran,struktur,dan distribusi  penduduk,serta bagaiman jumlah penduduk berubah setiap waktu akibat  kelahiran,kematian,migrasi,serta penuaan. 

Sumber : Dr. M. Rafiek, M,Pd. 2011. Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Yogyakarta: 
Pustaka Prisma


0 komentar:

Posting Komentar